Halaman

Minggu, 03 Februari 2013

Uji Heteroskedasitas



 uji heteroskedastistas bertujuan untuk menguji apakah dalam model regresi terjadi ketidaksamaan antara varian dari residual suatu pengamatan ke pengamatan lain. Jika varian dari residual satu pengamatan ke pengamatan yang lain tetap, maka disebut homoskedastisitas dan jika varian berbeda disebut heteroskedastistas( ghozali, 2005).
 pengujian heteroskedastisitas dilakukan dengan  melihat grafik Plot antara nilai prediksi variabel dependen yaitu ZPRED dengan residualnya, SRESID. Mengetahui ada/tidaknya heteroskedastisitas dapat dilakukan dengan melihat ada/tidaknya pola tertentu pada grafik scatter plot antara SRESID dan ZPRED, dimana sumbu Y adalah residual (Y prediksi – Y sesungguhnya) yang telah di-studentized, dengan ketentuan:
         Jika terdapat pola tertentu pada scatter plot, seperti titik-titik yang ada membentuk pola tertentu yang teratur maka menunjukkan telah  terjadi adanya heteroskedastistas.
         Jika tidak ada pola yang jelas, serta titik-titik menyebar di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y, maka  tidak terjadi heteroskedastistas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar